Powered By Blogger

Selasa, 15 Oktober 2019

Tugas Pemuliaan Tanaman

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pemuliaan Tanaman?

Pemuliaan tanaman adalah usaha manusia untuk mengubah susunan genetis tanaman. Pemuliaan tanaman mengubah susunan genetik secara tetap sehingga sifat ataupun morfologinya sesuai dengan keinginan manusia. Orang yang melakukan pemuliaan tanaman disebut pemulia tanaman. Pemuliaan tanaman bertujuan untuk meningkatkan hasil tanaman yang produktif serta perbaikan mutu tanaman yang dihasilkan. Peningkatan hasil tanaman yang produktif diupayakan untuk menonjolkan daya hasil (misalnya bunga dan buah) dan kemampuan tanaman untuk tahan terhadap hama, penyakit, serta lingkungan yang tidak bersahabat. Selain itu, pemuliaan tanaman yang produktif bertujuan meningkatkan daya tumbuh tanaman dan penyesuaian terhadap teknologi pertanian. Sementara itu, mutu produk tanaman diarahkan untuk peningkatan ukuran, kandungan vitamin maupun nutrisi di dalamnya, warna yang memikat, keunikan, keindahan, hingga pembuangan sifat-sifat tanaman yang kurang menguntungkan bagi manusia. Pemuliaan tanaman diawali dengan upaya meningkatkan variasi genetik yang dilanjutkan dengan seleksi pada keturunan terbaik. Ada beberapa cara untuk meningkatkan variasi genetik.

http://bit.ly/2nQzZcz )

Ulasan:
Pemuliaan tanaman adalah usaha untuk merubah susunan genetis tanaman dengan campur tangan manusia, bertujuan untuk mendapatkan tanaman yang lebih baik. lebih baik dalam hal ini mencakup sisi produktivitas, estetika bentuk dan warna, kualitas hasil, rasa, sampai ketahanan terhadap penyakit. pemuliaan tanaman muncul akibat perkembangan teknologi yang menuntut petani menyediakan permintaan pasar, dimana produk memiliki kualitas bagus dan permintaan pasar yang kian meningkat. serta hama penyakit tanaman yang terus bertambah.


2. Jelaskan apa saja yang dipelajari / ruang lingkup Pemuliaan Tanaman!

Ruang Lingkup Pemuliaan Tanaman
Ruang lingkup pemuliaan tanaman dibagi menjadi empat kegiatan besar, yaitu:
a. Pembentukan keragaman genetik (sebagai populasi dasar/bahan dasar proses pemuliaan
tanaman). 

b. Seleksi (pemilihan yang didasarkan pada penilaian genetik dari populasi yang diseleksi),
c. Pengujian (menguji individu-individu yang terseleksi untuk dipastikan kualitas dan kuantitasnya
sebelum akhirnya dilepas). 

d. Pelepasan varietas.

(http://bit.ly/2MMvMyS)

Ulasan:
ruang lingkup pemuliaan tanaman:
a. menganalisa keragaman genetika tanaman induk (plasma nutfa).
b. menilai bagian genetik yang akan dikembangkan
c. pengujian hasil pemuliaan dari sisi kualitas dan kelayakan konsumsi sebelum dilepas.
d. pelepasan varietas.

3. Jelaskan hubungan antara materi Genetika dengan Pemuliaan Tanaman!

Pemuliaan mempergunakan prinsip genetika untuk memperbaiki suatu tanaman. Untuk memuliakan suatu tanaman, adanya keragaman genetik merupakan syarat mutlak. Dengan adanya keragaman, memudahkan kita untuk memilih tanaman dengan sifat-sifat yang kita inginkan.

(http://bit.ly/2poiMYf)

Ulasan:
dikarenakan pemuliaan tanaman ini dalam prosesnya berhubungan dangan gen tanaman, maka untuk dapat mempermudah dalam mendalaminya harus memahami ilmu genetika tanaman terlebih dahulu. sehingga ilmu genetika menjadi syarat mutlak dalam mempelajari ilmu pemuliaan tanaman. ibaratkan untuk belajar memasak kita harus mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis bahan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar